SKENARIO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
MATA PELAJARAN :
MATERI :
KELAS :
ALOKASI WAKTU :
I. Kompetensi
II. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
III. Kegiatan Pembelajaran
INTI
Fase 1: Mengorientasikan mahasiswa pada masalah
• Meminta siswa untuk dapat memiliki buku mata pelajaran yang terkait dengan materi
•.menjelaskan tentang materi pemmbelajaran yang telah di rencanakan “pengangguran”
• Meminta kepada siswa untuk memperhatikan suatu kasus sebagai berikut:
“………………………………………………….”
• Dengan memperhatikan kasus tersebut siswa diharapkan dapat menyusun masalah dan memecahkannya, serta mengembangkannya. Permasalahan tersebut
“………………………………………………….”
• Dengan memperhatikan kasus tersebut siswa diharapkan dapat menyusun masalah dan memecahkannya, serta mengembangkannya. Permasalahan tersebut
Fase 2 : Mengorganisir siswa untuk belajar
• Meminta siswa untuk membagi diri dalam beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh ditetapkan oleh siswa sendiri tanpa adanya diskriminasi). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang.
• Membagikan bagian-bagian sub sub materi kepada siswa untuk bahan diskusi, dan setiap kelompok hanya menfokuskan diskusi pada sub materi yang telah di berikan.).
• Meminta siswa untuk membagi diri dalam beberapa kelompok (penentuan kelompok ditetapkan oleh ditetapkan oleh siswa sendiri tanpa adanya diskriminasi). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang.
• Membagikan bagian-bagian sub sub materi kepada siswa untuk bahan diskusi, dan setiap kelompok hanya menfokuskan diskusi pada sub materi yang telah di berikan.).
Fase 3 : Membantu siswa memecahkan masalah
Pada fase ini guru berkeliling dan terkadang masuk ke dalam kelompok secara bergiliran dengan:
• Meminta siswa memahami materi tersebut
• Meminta siswa memahami materi tersebut
• Memotivasi/mendorong siswa untuk diskusi dalam kelompoknya tentang apa-apa yang diharapkan.
• Meminta siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya pada catatan (untuk masing-masing siswa).
• Memantau jalannya diskusi pada setiap kelompok
• Meminta kepada masing-masing kelompok untuk mengumpulkan data data yang terkait dari berbagai sumber
• Meminta siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya pada catatan (untuk masing-masing siswa).
• Memantau jalannya diskusi pada setiap kelompok
• Meminta kepada masing-masing kelompok untuk mengumpulkan data data yang terkait dari berbagai sumber
Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah
• Meminta kelompok untuk menyajikan/mempresentasikan hasil-hasil diskusi (karyanya) di depan kelas
• Meminta siswa untuk memperhatikan sajian/paparan hasil karya dari kelompok yang mempresentasikan, dan mencermati.
• Meminta siswa untuk memperhatikan sajian/paparan hasil karya dari kelompok yang mempresentasikan, dan mencermati.
• Membimbing siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
• Membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelas
• Mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara kelompok yang satu dengan yang lain.
• Menilai keaktifan siswa (individu dan kelompok) dalam kelas saat presentasi berlangsung
• Membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelas
• Mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih atau “unik” antara kelompok yang satu dengan yang lain.
• Menilai keaktifan siswa (individu dan kelompok) dalam kelas saat presentasi berlangsung
Fase 5 : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
• Guru membantu siswa mengkaji ulang proses/hasil pemecahan masalah
• Guru memberikan penjelasan mengenai hal yang tumpang tindih atau “unik” dan mengulas hal yang baru dan berbeda pada tiap kelompok.
Penutup
• Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari secara bersama tentang tentang hasil pemecahan masalah
terimakasih ini membantu
BalasHapus2xbet korean bet review in 1xbet - Online - Legalbet
BalasHapus2xbet is the online betting 메리트카지노 market which brings you 메리트카지노 the best experience possible in one place. As you might think, 1xbet the game is very popular online.